Home / Kajian Ilmiah Keislaman / Tradisi Ilmiyah di Bulan Suci

Tradisi Ilmiyah di Bulan Suci

Santri Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal sedang mengikuti pengajian dalam Kegiatan Pondok Romadhan

Penulis: Ust. Dr. Asmawi Mahfudz, M.Ag.

Bulan ramadhan sudah disepakati oleh segenap Muslim sebagai bulan suci, mulia, yang beramal di dalamnya nilainya berlipat dibadingkan bulan-bulan di luar ramadhan. Baik amaliyah ibadah berupa tilawatil Qur’an, shalat-shalat sunnah, atau ibadah maliyah (harta) berupa sikap dermawan kepada sesama, maupun ibadah ilmiyah berupa kajian-kajian ilmu-ilmu agama Allah Swt. Untuk ibadah yang terakhir inilah yang semakin hari di beberapa daerah di Indonesia, telah tumbuh subur.

Lembaga-lembaga kajian keagamaan, mulai majlis pengajian ibu-ibu majlis ta’lim, ibu-ibu muslimat, jama’ah pengajian yasinan, jam’iyah dzikir dan istighosah, jam’iyah sholawatan dan lain sebagainya di bulan suci ini seolah-olah menjadi bagian aktivitas rutin bagi kita di bulan suci ini. Klub-klub keagamaan ini biasanya dijalankan dengan penuh kesadaran dan keikhlasan oleh para anggota jama’ah. Mereka datang tanpa diundang layaknya acara-acara pertemuan yang lain, ke tempat perkumpulan (majlis) baik di masjid-masjid, pondok pesantren sampai di hotel-hotel berbintang. Materinya pun juga beragam, ada yang pendalaman membaca al-Qur’an, kajian tafsir al-Qur’an, peningkatan kualitas sholat supaya lebih khusyu’, acara yang mengkhususkan pada dzikir dan sholawatan, atau yang hanya fatwa-fatwa keagamaan dalam rangka memotivasi umat supaya mempunyai akhlaq yang baik atau akhlaqul karimah dalam rangka mengisi dan menyempurnakan Ramadhan.

Fenomena majlis ta’lim di bulan ramadhan ini menunjukkan,  masyarakat kita sebenarnya mempunyai i’tikad untuk mendalami ajaran agama Islam secara rasional dan ilmiyah. Dengan mengaji ilmu-ilmu agama Islam para pengikut pengajian mempunyai referensi yang luas dalam memahami ajaran-ajaran inti Islam berdasarkan sumbernya yang otentik yaitu al-Qur’an maupun al-Sunnah. Walaupun dalam mengikutinya kadang diselingi dengan guyonan, ngantuk, dan  kelihatan ndeso. Tetapi ini sebuah kegiatan yang patut diapresiasi oleh semua pihak. Baik oleh pemerintah, masyarakat secara umum dan oleh mereka-mereka yang belum mempunyai niat untuk mengkaji ilmu-ilmu agama Islam. Apalagi, kalau kegiatan pengajian-pengajian di bulan suci ini, tidak berhentio pada waktu bulan suci saja, tetapi dapat berlanjut di bulan-bulan seterusnya sehingga majlis pengajian lebih luas efectnya dalam melaksanakan kegiatan pemberdayaan umat secara luas. Tidak hanya terbatas oleh orang-orang deso, orang-orang yang telah mapan dalam pemahaman ajaran Islam, tetapi para perangkat desa, tokoh masyarakat juga bisa memberikan motivasi, tauladan yang baik agar Islam ini lebih membumi di daerah kita masing-masing, dengan adanya kajian ilmiah keagamaan semacam itu.

Dalam pengajian di bulan suci ini, juga mencerminkan kondisi masyarakat kita yang nampaknya terdapat semacam shifting paradigm (perubahan paradigma) dalam memahami ajaran Islam. Dulu ketika masyarakat masih mempunyai pola hidup sederhana, mereka mendapatkan ajaran agama dengan jalan taqlid (manut) kepada guru-guru mereka, kyai mereka tanpa reserve. Nampaknya sekarang mereka menginginkan ajaran agama mereka terima dan pahami dengan berdasarkan rasionalisasi atau logika yang dapat diterima oleh nalar mereka. Hal ini sudah di signyalir oleh Nabi Saw: khatibu al-nasa bi qadri uqulihim (sampaikan ajaran Islam ini kepada manusia lain sesuai dengan kadar kemampuan akal mereka). Artinya ketika masyarakat masih berpola sederhana, tradisional, maka ajaran Islam disampaikan dengan penjelasan yang sederhana pula. Tetapi ketika masyarakat Islam kita sudah berubah menjadi masyarakat yang mempunyai kultur atau budaya yang maju, maka Islam juga harus disampaikan dengan logika-logika masyarakat maju atau modern, sehingga Islam akan selalu menemukan relevansinya di setiap waktu dan keadaan(shalihun li kulli zaman wa makan) .

Selain itu, masyarakat kita ternyata juga memendam kerinduan adanya kajian Islam otentik. Artinya Islam yang bersumber dari dalilnya yang asli, tidak bersumber dari adat istiadat secara langsung, ceramah para guru, bacaan dari buku-buku terjemahan yang kadang kala belum tentu sesuai dengan maksud pengarangnya. Akhirnya Islam yang dipraktekkan terdistorsi oleh para pemuka adat, bercampur dengan kepentingan politik kekuasaan, tendensi ekonomi dan hajat-hajat duniawi lainnya. Akibatnya praktek keberagamaan Islam di masyarakat kadang menimbulkan kegersangan hati nurani, tidak memberikan pencerahan dan ketenangan hati (tuma’ninah). Juga bisa memunculkan sikap cinta duniawi yang berlebihan, akhirnya seorang muslim kelihatannya rajin sholat, zakat dan haji. Atau sudah sempurna menjalankan rukun Islam, tetapi kenyataannya di masyarakat kita juga bermunculan kegalauan hati yang dimiliki oleh para muslim.

Tradisi majlis pengajian di bulan ramadhan yang diikuti oleh  masyarakat secara umum itu, dapat mengobati kerinduan masyarakat akan Islam yang mencerahkan, Islam yang memberikan pemahaman tentang Islam yang sinergis, antara ajaran Islam inti (core) yang berwujud ubudiyah rukun Islam yang lima, rukun iman dan ajaran-ajaran pokok lainnya, dengan dinamika masyarakat yang semakin canggih dalam tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mereka merasa mendapatkan pengetahuan yang tidak ternilai harganya tentang Islam  solutif terhadap problematika kehidupannya.

Di samping itu, suasana kajian ilmiyah dapat menciptakan suasana yang harmonis di antara anggota masyarakat muslim kita. Karena para peserta pengajian berasal dari berbagai latar belakang ekonomi, pendidikan, politik, aliran, status keluarga yang berbeda-beda. Akhirnya dengan frekwensi pertemuan mereka yang semakin sering, juga menghasilkan sikap dan sifat kekeluargaan antara peserta pengajian. Ini terbukti walaupun mereka bukan keluarga dekat, bukan tetangga, tetapi perasaan hidup bersama, senasib, seperjuangan itu kadang muncul dengan sendirinya, tanpa harus melalui ikatan primordialisme yang kerapkali ada sebagai penghambat menciptakan ukhuwah Islamiyah. Misalnya seandainya ada temannya tidak hadir karena sakit, teman-teman yang lain menjenguknya, kalau ada yang meninggal dunia pasti akan takziah dan dibacakan doa bersama. Semua sikap itu merupakan hasil dari strategi pembelajaran majlis yang kolaboratif dan kekeluargaan selama mengikuti pengajian.

Pengajian di bulan suci yang kita saksikan pada tahun ini, sebagai bentuk partisipasi public untuk mencerdaskan umat secara keseluruhan. Masyarakat tidak susah payah mendapatkan ilmu dengan masuk madrasah, pesantren, sekolahan atau institusi pendidikan yang lain. Pemerintah sebagai institusi yang berwenang sesuai amanat Undang-Undang Dasar (UUD) juga ikut terbantu dalam mendidik warganya dengan adanya kegiatan itu. Hanya saja karena pengajian itu diadakan oleh lembaga public, oleh masyarakat secara umum, tentunya praktek-praktek pembelajaran yang terukur, terencana, serta dievaluasi dengan baik tidak terwujud. Karena pelaksanaan kegiatan berjalan apa adanya, tanpa ada akuntabilitas, tidak seperti lembaga pendidikan pada umumnya.

Majlis ta’lim yang tumbuh subur di daerah kita merupakan upaya Pemberdayaan civil society. Artinya peran serta masyarakat umum dalam membina, mencerahkan dan melakukan pendidikan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah yang berkuasa saja. Pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan oleh tokoh-tokoh masyarakat, oraganisasi keagamaan, lembaga swadaya masyarakat, atau elemen masyarakat yang lainyang mempunyai kemampuan dalam kegiatan-kegiatan kemaslahatan umat. Dengan begitu terwujudnya suatu negara atau bangsa yang gemah ripah loh jinawi dalam naungan pengampunan dan hidayah ilahi (baldatun tayyibatun wa rabbun ghafur) akan semakin cepat mencapai kenyataan.

Akhirnya banyak hikmah yang dapat diambil dari fenomena menjamurnya majlis ta’lim di bulan suci di daerah-daerah kita, mulai dari murni beribadah kepada Allah, tumbuhnya kesadaran umat Islam untuk memahami ajaran Inti Islam, perubahan perilaku dan sikap oleh umat untuk mendapatkan ajaran Islam yang relevan dengan kondisi sosial budaya mereka. Juga majlis talim sebagai upaya pendidikan, pencerahan dan pemberdayaan umat,  supaya mereka lebih mempunyai power atau kemampuan dalam menyikapi problematika kehidupannya masing-masing, seiring dengan tantangan kehidupan yang semakin komplek dan berat. Wa Allahu a’lam bial-shawab.

Tentang penulis: Beliau adalah Pengasuh Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar dan menjadi  pengajar di Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulungagung.

Check Also

Keutamaan Ahli Ilmu Terhadap Ahli Ibadah

Oleh: Muhammad Bahrudin, S. Ud. فلعالم فضل على من يعبد # فضل البدور على الكواكب …

Leave a Reply

%d bloggers like this:

Powered by themekiller.com