Home / Informasi Kegiatan / KULTUM SHOBAH SEBAGAI AGENDA RUTIN DALAM KEGIATAN PONDOK ROMADHON

KULTUM SHOBAH SEBAGAI AGENDA RUTIN DALAM KEGIATAN PONDOK ROMADHON

CJZPXkXUkAAtV6I www.alkamalblitar.com – Salah satu kegiatan Pondok Romadhon di PPTA adalah Kultum yang dilaksanakan setiap setelah melaksanakan shalat shubuh berjama’ah di Aula HM dan di Surfah Masjid Al-Kamal. Diadakan di dua tempat karena shalat shubuh berjama’ah memang dilaksanakan dikedua tempat tersebut, untuk mempermudah para santri yang berjamaah dari firqoh al munawaroh agar tidak harus menempuh perjalanan bolak balik antara Aula HM dan Surfah Masjid dan membagi tempat karena jika shalat shubuh atau shalat berjama’ah lainnya dijadikan satu, tentu tempat tersebut tidak akan cukup untuk menampung seluruh santri Al-Kamal yang jumlahnya kurang lebih ada 750 santri. Kegiatan Kultum ini diikuti oleh salah seorang santri yang ditunjuk untuk mewakili firqohnya dan dari santri Ma’had Aly Al-Kamal.

Di Aula HM acara Kultum diikuti oleh para santri dari firqoh HM dan Al-Munawaroh, di Surfah Masjid Al-Kamal kultum diikuti oleh para santri dari firqoh Al-Manshur dan firqoh Robi’ah Al-Adawiyah, sedangkan santri Ma’had Aly bergiliran mengisi Kultum dikedua tempat tersebut. Acara kultum ini bertujuan untuk melatih mental para santri agar berani tampil didepan dan untuk menambah wawasan keagamaan bagi para pendengar. Tema Kultum yang disampaikan oleh para peserta adalah Ramadhan, Lailatul Qadar, Zakat, dan aspek lain yang berhubungan dengan Bulan Ramadhan. Seluruh santri Al-Kamal diwajibkan merangkum apa yang disampaikan oleh peserta, mulai dari hari pertama kegiatan pondok romadhon dilaksanakan , karena diakhir Kegiatan Pondok Romadhon catatan mereka (para santri) akan diperiksa oleh Departemen Pendidikan untuk melihat siapa yang paling rajin dalam mengikuti acara Kultum ini, dan akan diberikan apresiasi bagi yang paling rajin. Juga untuk para peserta, harus bersungguh-sungguh dalam menyampaikan materi untuk pembelajaran mereka tampil dengan kemampuan terbaik. Kegiatan Kultum ini mendapat sambutan meriah dari para santri, terbukti pada setiap acara Kultum para santri dengan antusias mendengar dan mencatat apa yang disampaikan oleh para peserta Kultum. (Tata)

Check Also

Sholawat Al Barzanji Memperingati Maulid Nabi Muhammad saw. 1439H.

Alkamalblitar.com- Allahummasholli ‘ala Sayyidina Muhammad. Lantunan sholawat pun didendangkan, dinginnya malam dan terangnya cahaya menjadi …

Leave a Reply

%d bloggers like this:

Powered by themekiller.com