Home / Riset Tentang Al Kamal / Strategi Pembelajaran Kosakata
kosa-kata-harian-bahasa-arab8

Strategi Pembelajaran Kosakata

Tesis dengan judul “Strategi Pembelajaran Kosa Kata (Studi Multi Situs di Pondok Modern Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan Pondok Modern Al Kamal Kunir Blitar) yang ditulis oleh Ni’matul Aziza NIM 2844134014 Jurusan Tarbiyah Progam Pendidikan Bahasa Arab Pasca Sarjana IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Sokip dan Prof. Dr. Imam Fu’adi, M.Ag.

Kata Kunci : Strategi, Kosa kata, Pembelajaran Kosa kata

Latar Belakang: Pondok Modern Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan Pondok Modern Al Kamal Kunir Blitar adalah dua pondok yang memiliki keistimewaan diantaranya adalah memiliki lingkungan bahasa. Dengan adanya lingkungan bahasa ini diharapkan dapat membantu pebelajar bahasa di dalam pemerolehan bahasa kedua, hal ini dikarenakan lingkungan bahasa dapat memberikan situasi alami bahasa sasaran yang dalam hal ini adalah Bahasa Arab. Didalam pembelajaran Bahasa Arab terdapat empat kemampuan berbahasa yang harus dikuasai oleh pebelajar bahasa yaitu kemampuan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat kemampuan berbahasa ini harus didukung oleh kemampuan di dalam menguasai kosa kata. Namun pada kenyataannya, sering ditemukan pembelajaran kosa kata hanya ditujukan untuk menghafalkan sejumlah kosa kata tanpa disertai dengan kemampuan menggunakannya di dalam konteks yang benar. Oleh karena itu penelitian ini akan mencoba menjawab permasalahan tersebut dengan mengemukakan strategi pembelajaran kosa kata di Pondok Modern Darul Hikmah dan Pondok Modern Al Kamal. Strategi pembelajaran disini meliputi metode, media, materi, dan buku ajar.

Rumusan Masalah: 1) Bagaimana proses pembelajaran kosa kata di Pondok Modern Darul Hikmah dan Pondok Modern Al Kamal? 2) Apa tujuan pembelajaran kosa kata di Pondok Modern Darul Hikmah dan Pondok Modern Al Kamal? 3) Bagaimana strategi pembelajaran kosa kata di Pondok Modern Darul Hikmah dan Pondok Modern Al -Kamal?

Metode Penelitian: penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil Penelitian: 1) Proses pembelajaran kosa kata di Pondok Modern Darul Hikmah dilakukan melalui pemberian tiga kosa kata kepada siswa setiap hari, kegiatan percakapan sebelum berangkat ke sekolah, kursus bahasa, pidato dua kali dalam seminggu, pemberian materi percakapan sehari-hari, menghafal materi percakapan, pembenaran bahasa, menghafal kosa kata, dan drama bahasa. Adapun proses pembelajaran kosa kata di Pondok Modern Al Kamal melalui pemberian tiga puluh kosa kata dan siswa diwajibkan untuk menghafalnya di akhir bulan, kursus bahasa setiap pagi dan setelah shalat magrib untuk penambahan kosa kata, dan evaluasi untuk pembenaran kosa kata dan kaidah bahasa. 2) Tujuan pembelajaran kosa kata di Pondok Modern Darul Hikmah adalah agar siswa mampu berbahasa Arab yang fasih dan memahami Al-Qur’an dan Hadis. Sedangkan tujuan pembelajaran kosa kata di Pondok Modern Al Kamal agar siswa dapat berbahasa arab yang aktif dan benar sesuai kaidah bahasa. 3) Strategi pembelajaran kosa kata di Pondok Modern Darul Hikmah dan Pondok Modern Al Kamal menggunakan metode yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Metode yang digunakan berupa ceramah, bermain peran, menerjemah lagu, mencari pasangan (make a match),  demonstrasi, debat, diskusi, dan drill. Baik Pondok Modern Darul Hikmah dan Pondok Modern Al Kamal keduanya paling sering menggunakan metode drill. Media pembelajaran yang digunakan di Pondok Modern Darul Hikmah dan Al Kamal  disesuaikan dengan metode dan kebutuhan pembelajaran. Untuk ceramah dan drill digunakan media lisan, untuk menerjemahkan lagu disediakan tape recorder atau teks lagu, untuk metode make a match digunakan kartu mufrodat, untuk metode debat dan diskusi digunakan media surat kabar atau majalah. Di Pondok Modern Darul Hikmah, materi kosa kata disesuaikan dengan kebutuhan siswa untuk berkomunikasi sehari-hari. Begitu pun dengan Pondok Modern Al Kamal, materi kosa kata disesuaikan dengan kebutuhan siswa sehingga langsung dapat diaplikasikan. Dalam hal ini, baik Pondok Modern Darul Hikmah dan Pondok Modern Al Kamal menggunakan pendekatan behavioristik. Buku ajar yang digunakan Pondok Modern Darul Hikmah dan Pondok Modern Al Kamal berbeda. Buku ajar yang digunakan Pondok Modern Darul Hikmah: Muthala’ah juz 1-3, Durusul Lughah Al Arabiyah jus 1-3, Al Qira’ah Rasyidah jus 1-3, dan At Tamrinat fil Lughah Arabiyah. Sedangkan buku ajar untuk Pondok Modern Al Kamal: Kitab al Hiwar, Kamus Bergambar, Al Arabiyah Baina Yadaik, dan Al Arabiyah Lin Nasyi’in

Check Also

Salah satu kelas pembelajaran Al Qur'an di PP terpadu Al Kamal (Foto: Zaki)

Motivasi Pengelola Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an Santri

Zaki Ahmad Fauzi, – 2811123242 (Undergraduate thesis, IAIN Tulungagung, 2016) Skripsi dengan judul “Motivasi Pengelola …

Leave a Reply

%d bloggers like this:

Powered by themekiller.com