Home / Riset Tentang Al Kamal / Studi Penerapan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab
Salah satu metode latihan santri dalam berbahasa Arab dan Inggris

Studi Penerapan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab

Ummahatun Fauziyah – D02207043 (Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2011)

Kata Kunci : Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab

Skripsi ini menerangkan tentang “Studi Analisis Tentang Penerapan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Kelas Persiapan di Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal Kunir Wonodadi Blitar”.

Terpilihnya judul tersebut di dasakan atas fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan yang mau tidak mau harus menentukan dan merencanakan model pengajaran yang inovatif, terlebih dalam penyusunan kurikulum pembelajaran. Kurikulum adalah merupakan tujuan dan
harapan yang diwujudkan dalam bentuk rencana atau program pendidikan untuk dilaksanakan oleh guru disekolah. kurikulum merupakan sarana untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran.

Penyusunan kurikulum harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan kondisi peserta didik agar tercipta sebuah kurikulum yang relevan.

Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori deskriptif analitis, yakni sebuah bentuk penelitian yang dilakukan dengan mencari data-data yang sesuai dengan judul dari berbagai sumber. Data-data tersebut kemudian dianalisa dengan cara memeriksa kembali data-data yang sudah ada dan disusun dalam kerangka yang sudah ditentukan dan akhirnya dilakukan analisa data dengan teknik induktif.

Skripsi ini mengupas tentang penerapan kurikulum pendidikan bahasa arab kelas persiapan di Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal Kunir Blitar. Kelas persiapan ini terdiri dari empat kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap sejauh mana penerapan kurikulum yang ada di pondok pesantren tersebut dan dengan harapan bisa diambil manfaatnya untuk penyusunan kurikulum pembelajaran bahasa arab.

Dari hasil pembahasan dalam penelitian ini diketahui bahwa penerapan kurikulum pendidikan bahasa arab yang ada di kelas persiapan Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal Kunir Wonodadi Blitar cukup efektif untuk mengembangkan potensi peserta didik. Pembelajarannya berlangsung  selama 6 bulan atau satu semester. Kurikulum yang diterapkan sangat membantu peserta didik untuk lebih mudah dalam belajar bahasa arab. Siswa mampu berkomunikasi menggunakan bahasa arab dalam kehidupan sehari-hari dengan mudah.

Download file:

cover.pdf

absrak.pdf

daf.isi.pdf

bab.1.pdf

bab2.pdf

bab3.pdf

bab4.pdf

daf.pustaka.pdf

 

Check Also

Motivasi Pengelola Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an Santri

Zaki Ahmad Fauzi, – 2811123242 (Undergraduate thesis, IAIN Tulungagung, 2016) Skripsi dengan judul “Motivasi Pengelola …

Leave a Reply

%d bloggers like this:

Powered by themekiller.com