Home / Liputan Pesantren / Ma’had Aly Al-Kamal Sambut Tahun Ajaran Baru Dengan Kuliah Umum

Ma’had Aly Al-Kamal Sambut Tahun Ajaran Baru Dengan Kuliah Umum

Alkamalblitar.com- Menyambut datangnya tahun ajaran 2017/2018, Ma’had Aly Al-Kamal menggelar kuliah umum dalam rangka pembukaan perkuliahan tahun akademik 2017/2018, dengan mengusung tema “Revitalisasi Peran Santri Dalam Menjaga Keutuhan NKRI dan Ideologi Bangsa”. Dalam acara ini, KH. Muhsin Ghozali pengasuh pondok Al-Ghozali Bolu diundang sebagai pembicara.

Acara yang dihadiri oleh dewan mudabbir markazy, asatidz diniyyah, mahasantri ma’had aly serta seluruh santri kelas tiga dan pengurus firqah ini dilaksanakan pada Sabtu malam (12/8) bertempat di gedung Hidayati Mahmud (HM). Acara dimulai pada pukul 19.30 WIB oleh Ahmad As’ad Alghifari sebagai pembawa acara. Seperti acara ceremonial biasanya, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ust. Imam Sanusi Al-Hanafi, S.Ag. Selanjutnya penyampaian sambutan oleh direktur Ma’had Aly, Ust. M. Nasichin Al-Muiz, S.HI., M.Pd.I. Lalu dilanjutkan sambutan oleh pengasuh pondok, Dr. KH. Asmawi, M.Ag.

Penyampaian kuliah umum oleh KH. Muhsin Ghozali
Penyampaian kuliah umum oleh KH. Muhsin Ghozali

Dilanjutkan dengan acara puncak, kuliah umum oleh KH. Muhsin Ghozali yang mana beliau menyampaikan poin-poin penting yang berkaitan dengan tema. Setelah cukup dalam menyampaikan materi, dibuka sesi dialog dengan peserta kuliah umum yang dalam hal ini ada dua penanya dari kalangan mahasantri, Misbahul Khoironi dan Afrizal Nur Ali Syah Putra.

Beberapa penjelasan terkait acara disampaikan oleh Ust. M. Syaifudin, S.HI., “Acara ini adalah penanda dimulainya perkuliahan semester ganjil bagi Ma’had Aly di tahun 2017/2018. Harapannya agar para santri ma’had aly lebih bersemangat kuliah dan tidak dipungkiri, bahwa para mahasantri berjiwa kritis sehingga perlu stimulus seperti materi kebangsaan yang memang akhir-akhir ini menjadi isu dan santri juga wajib menjunjung tinggi NKRI dan Pancasila. Meskipun Pancasila bukanlah tujuan akhir, tapi ia merupakan perantara yang membawa santri menuju tujuan utama yakni Allah SWT”, ucap beliau yang juga sebagai sekretaris Ma’had Aly Al-Kamal. Acara diakhiri dengan doa dan shalawat dari Alfa Shola sekitar pukul 22.00 WIB.[Lucky Tjatra]

Check Also

Sholawat Al Barzanji Memperingati Maulid Nabi Muhammad saw. 1439H.

Alkamalblitar.com- Allahummasholli ‘ala Sayyidina Muhammad. Lantunan sholawat pun didendangkan, dinginnya malam dan terangnya cahaya menjadi …

Leave a Reply

%d bloggers like this:

Powered by themekiller.com