Home / Jourtea: Catatan Santri / Menjemput Hari Santri Nasional

Menjemput Hari Santri Nasional

Oleh: Amanda Oktaviolani*

Siapa sih yang tak kenal santri? Pastinya di era modern ini, kita tidak asing lagi dengan kata santri. Santri merupakan sekelompok anak didik yang notabenya berada di Pesantren. Ternyata santri juga memiliki hari peringatan lo!! Yaa, pastinya sebagian besar sudah mengetahui hari santri, yang jatuh pada tanggal 22 Oktober. Pada hari santri senantiasa diadakannya upacara, yang seakan-akan sudah menjadi aktivitas rutin bagi santri. Peringatannya tidak hanya dengan upacara hari santri, ternyata masih banyak lagi peringatan hari santri yang lainnya. Seperti yang kita ketahui di Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal ini, yang pada tahun kemarin diadakan lomba lalaran Syi’ir, drama, dan lomba lainnya yang tidak kalah serunya.

Di hari-hari yang mendekati hari santri ini, terkhusus santri-santri PPTA harus mempersiapkannya matang-matang, bukan hanya mempersiapkan secara jasmani saja, tetapi juga rohani. Adapun yang dimaksud mempersiapkan jasmani yaitu dengan mempersiapkan diri kita secara fisik untuk mengikuti lomba-lomba yang kemungkinan besar akan diadakan lagi, dan mempersiapkan diri untuk mengikuti upacara hari santri dengan menjaga kesehatan dan berpartisipasi. Sedangkan yang dimaksud dengan persiapan rohani adalah kita harus lebih giat lagi dalam belajar dan dapat menjadi santri yang berakhlakul karimah dengan selalu menjalankan syariat-syariat islam dengan segala ketentuannya. Kita juga harus menjadi santri teladan dan memiliki pribadi yang teguh dan tidak terpengaruh dengan pemahaman-pemahaman yang menyimpang.

Dengan diadakan hari santri ini, kita dapat mengambil hikmah dibaliknya dan menanamkan benih-benih kebaikan di hati kita masing-masing. Harapan kedepannya untuk seluruh santri, terkhusus santri-santri Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal dapat menjadi penerus bangsa yang loyal dan berkualitas. Kami keluarga besar Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal mengucapkan “Selamat Hari Santri 2017” Jayalah selalu para santri, jadilah generasi penerus bangsa yang beriman dan berkualitas sehingga tercermin -Wajah Pesantren, Wajah Bangsa-

 

*Santri kelas 3 tingkat Ula Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal

Check Also

Sepakbola Sebagai Sarana Dakwah

Oleh: Fatna Fauziana* Sepak bola kini menjadi bagian kultural dari pesantren itu sendiri terutama di …

Leave a Reply

%d bloggers like this:

Powered by themekiller.com