Home / Liputan Pesantren / Al-Kamal Pertahankan Gelar Juara Umum G-BIT

Al-Kamal Pertahankan Gelar Juara Umum G-BIT

Alkamalblitar.com- Untuk yang ketiga kalinya, Al-Kamal membopong pulang piala juara umum dari acara G-BIT, atau Gebyar Bahasa Arab IAIN Tulungagung. Suatu acara rutin yang setiap tahun diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Tulungagung. Tahun 2017 ini, G-BIT dilaksanakan pada 14-16 Nopember 2017, di kampus IAIN Tulungagung.

Dalam acara G-BIT 2017, terdapat 6 jenis perlombaan yaitu cerdas cermat, khitobah, qiroatul kutub, ghina’ arabiy, MKQ, MTQ, dan festival sholawat al-banjari. Namun, Al-Kamal hanya mengirimkan 8 santri sebagai delegasi, yang mengikuti 5 kategori perlombaan, dan tidak mengikuti perlombaan festival sholawat. Dari 8 santri tersebut,4 diantaranya memperoleh kemenangan pada 4 dari 6 kategori perlombaan, yaitu :

 

Nama Kategori Perlombaan Keterangan
Abdur Rosyid Hasan MKQ Juara 2
Nadia Lami’a Salsabila Ghina’ Arobiy Juara 1
Ni’matus Sangadah Qiroatul Kutub Juara 2
Tabassum Aliyatuz Zahro Khitobah Juara 2

Sebenarnya, seleksi peserta untuk acara ini diadakan sejak satu bulan sebelum G-BIT diselenggarakan, akan tetapi karena kurangnya koordinasi antara peserta dan pembimbing, dan karena berbenturan dengan jadwal ujian, fokus latihan peserta menjadi hanya 2 minggu saja.
“Bangga, 3 tahun berturut-turut Al-Kamal selalu menjadi juara umum,” komentar Ust.M.Khoirul Umam, salah satu pembimbing santri yang mengikuti G-BIT. “Jangan menyerah, tetaplah mencoba. Cari prestasi di even yang lain, untuk menambah wawasan, keberanian, dan pengalaman,” imbuhnya berpesan.[tat’s.red]

Check Also

Sholawat Al Barzanji Memperingati Maulid Nabi Muhammad saw. 1439H.

Alkamalblitar.com- Allahummasholli ‘ala Sayyidina Muhammad. Lantunan sholawat pun didendangkan, dinginnya malam dan terangnya cahaya menjadi …

Leave a Reply

%d bloggers like this:

Powered by themekiller.com