Home / Liputan Khusus Porsa / Iksanta City Rebut Juara Imathoh
Lomba Cerdas Cermat PORSA XXI

Iksanta City Rebut Juara Imathoh

Alkamalblitar.com- Memasuki hari kedua PORSA lomba yang dilaksanakan pada hari ini (18/12) adalah Cerdas Cermat, MKQ atau Musabaqah Khattil Quran, dan babak penyisihan lomba Bola Voli pada pagi hari, mulai pukul 7.30 WIB, MHQ atau Musabaqah Hifdzil Quran mulai pukul 13.30 WIB, serta lomba Deklamasi Puisi 3 Bahasa pada malam hari, mulai pukul 19.30 WIB.

Lomba Cerdas Cermat (CC) kali ini bertempat di Syurfah Masjid Al-Kamal dengan Ust. Ahmad Minanurohim sebagai dewan jurinya, dan terbagi menjadi 3 sesi. 2 Sesi babak penyisihan, dan 1 sesi babak final. Pesertanya merupakan satu tim yang berisi tiga orang santri dari setiap qobilah. Pemenangnya diraih oleh IKSANTA City, sebagai juara 1, ABS As-Syamaly sebagai juara 2, dan IKSANTA United sebagai juara 3.

Sedangkan MKQ dilaksanakan di Aula HM dengan durasi waktu 8 jam, dan 1 jam ISHOMA. Maqro’ yang dilombakan adalah lafaz ان الله على كل شئ قدير, dengan Jenis khat yang dilombakan adalah khat kontemporer, yaitu khat bebas tapi tetap memperhatikan kebenaran maqro’ yang ditulis. Nantinya setiap karya akan dinilai oleh Ust. Fakhrudin Arrozi, dan Ust. Shoin Akromudin, berdasarkan kebenaran tulisan, ornamen, keterpaduan warna, dan kebersihannya.

Pada Musabaqah Hifdzil Quran setiap qobilah harus mengirimkan 2 santri sebagai perwakilannya, yaitu 1 tingkat ula, dan 1 tingkat wustho. Sistem yang digunakan pada MHQ PORSA 21 adalah sambung ayat, dimana PJ perlombaan (Ahsin Fatawi) akan membacakan suatu ayat, dan peserta harus mengulangi serta melanjutkan ayat tersebut. Maqro’ pada MHQ kali ini adalah Surat Yaasin, dan Juz ‘amma untuk tingkat ula, serta Yaasin, Ar-Rahman, Waqi’ah, dan Juz ‘amma untuk tingkat wustho. Juri dari lomba ini adalah Ust. Abbas Bahria, Ust. Bika Nasrulloh, dan Ust. Ahmad Asyad Al-Ghifari.

Pada lomba Deklamasi Puisi 3 Bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris, setiap qobilah wajib mengirimkan satu perwakilan bagi setiap bahasa. Tema yang dapat diambil adalah tentang santri, manfaat ilmu, alam dan perjuangan. Alokasi waktu untuk menyampaikan puisi adalah 7 menit, dan peserta diperbolehkan memakai back sound. Deklarrasi puisi di nilai oleh dewan juri Ust. Afrizal Nur Ali Syah Putra, Ust. Misbahul Khoironi dan Ustz. Kusmiasih.(tat’s.red)

Beberapa dokumentasi lomba:

Deklarasi Puisi 3 Bahasa

 

Lomba Volli Putri

 

Karya hasil lomba MKQ PORSA XXI

Check Also

Porsa XXI Masih Berlanjut

Alkamalblitar.com- Hari terakhir PORSA 21 (23/12) diisi dengan pertandingan final sepak takraw, tenis meja, final …

Leave a Reply

%d bloggers like this:

Powered by themekiller.com