Home / Liputan Pesantren / The Future Will Begin From Now: Rangkaian Haflah Wida’ dan Akhirussanah 2018
Sarasehan kelas 3: Salah satu acara menjelang haflah wida' dan Akhirussanah

The Future Will Begin From Now: Rangkaian Haflah Wida’ dan Akhirussanah 2018

Alkamalblitar.com- Salah satu agenda rutin tahunan yang ada di Pondok Pesantren Terpadu Al-kamal adalah Haflah Al-Wida’ sebagai puncak euforia mondok. Setiap santri pasti mengharapkan kehadirannya, kenapa? Karena seusai Haflah Al-Wida’ inilah, para santri yang sudah khatam belajarnya akan dikembalikan kepada walinya masing-masing. Pada tahun ajaran 2017-2018 ini, puncak Haflah Al-Wida’ akan diadakan pada tanggal 6 Mei 2018. Setelah sebelumnya melaksanakan serangkaian acara pelengkap yang dilaksanakan sebelum Haflah Al-Wida’ itu sendiri .

Serangkaian acara Haflah Al-Wida’ 2018 yang ada di Al-Kamal yaitu lailatul baro’ah, berupa acara khataman Al-Quran, dan tasyakuran yang diikuti oleh seluruh santri Al-Kamal. Acara ini dilaksanakan pada Selasa, 1 Mei 2018, di Aula HM dan Syurfah Masjid Al-Kamal. Kemudian, pada Rabu, 2 Mei 2018 dilaksanakan acara Sarasehan di Aula HM, berupa pengungkapan kesan dan pesan yang hanya diikuti oleh santri kelas 3, dan asatidz. Acara ini kemudian diakhiri dengan ramah-tamah dan makan-makan.

Rangkaian acara selanjutnya pada hari Kamis, 3 Mei 2018 dilangsungkan acara Annual Festival. Acara ini berupa penampilan pentas seni yang diikuti dan disaksikan oleh seluruh civitas akademis Al-Kamal.  Diperkirakan akan ada 12 penampilan yang akan menghibur penonton akan kesedihan wida’. Sedangkan untuk santri madrasah diniyah khusus atau MDK, akan melaksanakan Khotmul Alfiyah keesokan harinya, yaitu pada tanggal 4 Mei 2018.

Di tengah-tengah gegap gempita haflah al-wida’, dilaksanakan pula ‘pesta demokrasi’ santri melalui pemilihan rois/roisah firqah di semua firqoh yang ada di Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal pada tanggal 05 Mei 2018.

Ahad, 6 Mei acara puncak Haflah wida’ dan Akhirussanah akan digelar. Namun, rangkaian acara belum berhenti sampai di sana. Pada tanggal 10 Mei, para wisudawan dan wisudawati alumni Al-Kamal akan melaksanakan rihlah islamiyah ke beberapa tujuan di Provinsi Jawa Tengah. (tat’s.red)

Check Also

Breaking News: Serah Terima Santri Baru Diundur Sabtu, 19 Mei 2018

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barokatuh. Kami informasikan kepada seluruh calon santri dan wali santri Pondok …

Leave a Reply

%d bloggers like this:

Powered by themekiller.com