Home / Liputan Pesantren / PERINGATAN TAHUN BARU 1440 HIJRIYAH

PERINGATAN TAHUN BARU 1440 HIJRIYAH

Alkamalblitar.com- Hari ini, tepatnya pada hari kamis, 13 September 2018/4 Muharram 1940 H keluarga besar PPT Al-Kamal memperingati tahun baru islam, yang bertempat di KBIH Al-Kamal. Kegiatan ini diadakan setiap tahun yang dihadiri oleh semua santri dan juga seluruh asatidz PPTA. Kali ini mendatangkan seorang Ustadz untuk mengisi acara ini yaitu, Ustadz Ali Abdul Somad V.E.A, MA. Sambil menunggu para santri berkumpul, diisi dengan tampilan berbagai lagu sholawat dari grup sholawat putra kebanggaan PPTA yaitu grup sholawat Alfasholla. Setelah para santri dan tamu undangan terkumpul, langsung saja acara dimulai.

Susunan acara disampaikan oleh Master of Ceremony yaitu M. Tsaqibul Fikri. Rangkaian acara terdiri dari beberapa susunan. Pertama pembukaan, kedua pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh salah satu santri putra yaitu, Nur Muhammad Shodiq, selanjutnya diisi dengan beberapa sambutan dari pengasuh PPTA salah satunya beliau ustadz KH. Dr. Asmawi Mahfudz, M.Ag, beliau juga menjelaskan apa itu Tahun Baru Hijriyah. “Tahun baru hijriyah adalah semangat, pembaharuan, pengorbanan, dan perjuangan”, tukas beliau. Dan juga ustadz Ahmad Minannurohim, S.Pd.I selaku ketua PPTA,yang sekalian memberi sambutan serta memotivasi para santri, beliau berpesan bahwa “Tahun baru adalah sarana memperbaiki diri dari yang dulunya malas belajar, supaya ditahun baru ini lebih ditingkatkan lagi belajarnya” ustadz Ahmad Minannurohim menginginkan supaya ditahun ini para santri lebih giat belajar lagi dan memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi dari tahun yang lalu. Setelah itu dilanjutkan dengan istigotsah bersama yang dipimpin langsung oleh ustadz Ali Abdul Shomad dan dilanjutkan ke acara utama yaitu maulidhoh hasanah yang berisi tentang dakwah dan motivasi untuk para santri, beliau berpesan “Sebagai santri kita tidak boleh melupakan para leluhur yang berjuang yang telah mendahului kita”, “Mulailah dari diri sendiri, mulailah dari sekarang, dan jangan meremehkan sesuatu yang remeh” ucap ustadz Ali. Para santri begitu antusias dalam menanggapi dakwah dari ustadz Ali, sampai ada salah satu santri putri yang diberi tunai sebesar 100 ribu rupiah karena bisa menjawab pertanyaan dari ustadz Ali dengan cepat dan tepat, setelah itu masih ada banyak lagi pertanyaan yang diberikan dan para santri bersemangat untuk menjawab hingga ada salah satu santri lagi yang diberi bollpint oleh ustadz Ali. Di akhir dakwah ustadz Ali memberi Al Fatihah dengan harapan Al-Kamal lebih maju lagi.

Ada tambahan acara yaitu pelantikan Satuan Pasukan Santri Al Kamal (SATPASKA) yang dilantik langsung oleh pengasuh PPTA. Satuan ini diberi tugas untuk mengamankan wilayah PPTA beranggotakan dari beberapa santri putra yang telah dipilih dan diberi kepercayaan. Ada 3 santri yang dilantik langsung secara simbolis didepan para santri yaitu Gussainuddin Bahri, Abu Sufyan, dan Munawir Muslih.

Selanjutnya langsung menuju acara terakhir yaitu do’a yang dipimpin oleh ustadz Fauzi. Dari berita diatas dapat disimpilkan bahwa, kita sebagai santri harus lebih semangat lagi dalam mencari ilmu pada tahun ini dan lebih baik lagi dalam segala hal. [DekRoss.red]

Check Also

Taftiis al Kutub Jadi Pembuka Ujian Madrasah

Alkamalblitar.com- Ujian al Mustawa al Awwal Madrasah Diniyah Al Kamal akan segera dilaksanakan. Ujian yang …

Leave a Reply

%d bloggers like this:

Powered by themekiller.com