Home / Ekstra Santri

Ekstra Santri

Di Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal, kegiatan ekstra kurikuler berbeda dengan kegiatan yang sifatnya ketrampilan. Ekstra kurikuler dimaksudkan sebagai kegiatan tahap pengenalan. Sedang ketrampilan lebih menekankan kepada profesionalisme. Ekstra kurikuler itu lebih pada pengenalan kegiatan. Sementara keterampilan santri diarahkan untuk memiliki kemampuan (skill) tertentu.

Kegiatan ekstra kurikuler yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal antara lain:

  1. Program bahasa Arab dan Inggris
  2. Kursus baca al-Quran
  3. Kursus ilmu tajwid
  4. Bimbingan baca kitab
  5. Muhadhoroh (Pidato) 4 bahasa (Arab, Inggris, Indonesia dan Jawa). Bahkan Bahasa Arab dan Inggris menjadi bahasa resmi percakapan santri sehari-hari dan Program wajib untuk kelas I Madrasah Diniyah
  6. Latihan kepemimpinan
  7. Seni tahlil, diba’, dan barzanji
  8. Seni baca al-Quran bilghina’
  9. Olahraga
  10. Pramuka
  11. Drum band

Kegiatan ketrampilan diselenggarakan dalam bentuk kursus dan pelatihan. Beberapa kursus atau pelatihan, peserta yang mengikutinya mendapat sertifikat yang diakui secara nasional. Jenis kursus yang sudah dilaksanakan oleh al-Kamal adalah kursus mengetik, elektronika, sekretaris, menejemen usaha, bahasa Arab dan Inggris, menjahit, montir, peternakan, perikanan, akutansi dan komputer. Dalam penyelenggaraannya Pondok Pesantren bekerjasama dengan departemen tenaga kerja dan departemen pendidikan nasional. (Admin)

%d bloggers like this:

Powered by themekiller.com