Home / Ma’had Aly Al Kamal

Ma’had Aly Al Kamal

VISI

Terwujudnya Ma’had ‘Aly Al Kamal yang mampu mencetak ahli fiqih professional berbasis pesantren, berakhlaqul karimah, terampil serta kompetitif dalam melanjutkan perjuangan dan pengamalan ajaran Islam.

MISI

  1. Meningkatkan profesionalitas dan akuntabilitas dan sebagai pusat pemberdayaan Ilmu Fiqih dan ilmu-ilmu lain yang terkait berdasarkan standar nasional dan global.
  2. Menanamkan akhlaqul karimah atau budi pekerti yang mulia dalam melanjutkan perjuangan dan pengamalan ajaran Islam.
  3. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pola-pola pengabdian yang professional pada masyarakat.
  4. Mempertahankan nilai-nilai lama dan mengambil nilai-nilai baru yang lebih positif, maslahat dan bermanfaat untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan dan pembangunan di masyarakat.
  5. Mengupayakan integrasi paradigm dan epistemology ilmu-ilmu umum dan ilmu Agama Islam, sehingga tidak ada lagi dikotomi antara keduanya dan atau tidak lagi dikenal ilmu-ilmu agama secular sciences.
  6. Mengutamakan konseptualisasi ajaran Islam berdasarkan al-Qur’an dan al-Sunnah, serta khazanah pemikiran Islam, agar dapat diaktualisasikan secara praktis kedalam berbagai aspek kehidupan masyarakat untuk mewujudkan masyarakat bermoral agama, berharkat dan bermartabat.
  7. Mengembangkan penelitian kuantitatif dan kualitatif untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan dan menentukan solusi secara akademik terhadap berbagai permasalahan dalam kehidupan social yang dinamis.

TUJUAN

  1. Membentuk pribadi mahasiswa yang mampu melestarikan, mengembangkan suri tauladan, bimbingan dan tuntunan dalam perjuangan hidup serta keidupan dari Rasulullah SAW yang penuh akhlaqul karimah.
  2. Menanamkan akhlaqul karimah dan budi pekerti yang mulia kepada para mahasantri dalam rangka melanjutkan perjuangan para ulama.
  3. Menkader generasi Islam yang shalih-shalihah dan professional dalam disiplin ilmu yang ditekuni.
  4. Menjadikan wadah bagi para alumni santri Al Kamal khususnya, dan masyarakat pada umumnya melanjutkan studi ke jenjang pendidikan keislaman yang lebi tinggi.
  5. Menjadi pusat penelitian dan pengembangan serta penyiaran Agama Islam yang menganut al-Qur’an dan al-Sunnah.

KURIKULUM

Penyelenggaraan Ma’had ‘Aly Al Kamal ini adalah sebuah program penyelenggaraan studi dengan jenjang pendidikan setara dengan Strata satu (S1) dalam lingkungan kerja Kementerian Agama Republik Indonesia dan bernaung dibawah naungan Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal (PPTA). Studi ini dirancang untuk dilaksanakan selama 4 (empat) tahun atau 8 (delapan) semester dengan konsentrasi (takhassus) kajian fiqih dan ushul fiqih.

Dalam setiap semester mahasantri dapat mengkaji kurang lebih 15-16 sks maddah dirasahnya. Metode belajar ditekannkan untuk memaksimalkan kemandirian mahasantri, untuk itu metode pembelajaran yang relevan adalah diskusi atau musyawarah, dialog dan lain-lain.

Waktu belajar Ma’had ‘Aly Al Kamal dilaksanakan pada efektif kegiatan Madrasah Diniyah Al Kamal, yakni pada malam Sabtu sampai malam Kamis jam 19.30-21.00.  (Admin)

%d bloggers like this:

Powered by themekiller.com