Home / Liputan Pesantren / Hari Santri Nasional: Santri Hebat NKRI Kuat

Hari Santri Nasional: Santri Hebat NKRI Kuat

Alkamalblitar.com- Ahad, 22 Oktober 2017, Al-Kamal kembali mengadakan upacara bendera sebagai Peringatan Hari Santri Nasional. Upacara bendera dilaksanakan di lapangan MAN 3 Blitar pukul 07.00 – 08.15 WIB. Dengan dihadiri oleh beberapa tamu undangan diantaranya; bapak camat, koramil, MWC NU kecamatan Wonodadi, masyayikh di lingkungan PPTA, delegasi dari beberapa pesantren dan TPQ di lingkngan Kunir-Wonodadi, teman-teman BANSER Wonodadi, teman-teman ANSOR, PC NU, LKK NU Blitar, tokoh masyarakat, dan juga seluruh santri PPTA. Kegiatan ini berjalan dengan khidmat dan lancar.

Latar belakang diadakannya upacara pada tanggal 22 Oktober adalah sebagai wujud kepedulian, pengabdian, serta ketawaduan santri terhadap perjuangan para pejuang Islam. Sehingga diusunglah tema “Santri Hebat, NKRI Kuat” untuk peringatan Hari Santri Nasional di PPTA pagi tadi.

Hal yang berbeda dari upacara peringatan Hari Santri 2016, dengan peringatan Hari Santri 2017 adalah persiapan yang matang yang telah dilaksanakan jauh-jauh hari. Mulai dari undangan, konsep upacara, bahkan perlengkapan pun sudah selesai dipersiapkan malam hari sebelum hari H. Walau pun untuk tim paduan suara sendiri masih memulai latihan dua hari sebelumnya, akan tetapi ketika pelaksanaan upacara berlangsung semuanya berjalan dengan baik seperti yang diharapkan.

Upacara kali ini, berlangsung sebagaimana upacara pada umumnya. Dengan dipimpin oleh Rafi Royan, dan Dr.KH.Asmawi Mahfudz,M.Ag sebagai Pembina upacara. Semua petugas upacara adalah santri Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal, kecuali pembaca doa di akhir upacara, yaitu KH. Fauzi, selaku ketua ranting NU Kunir. Dalam upacara ini dibacakan pula SK Resolusi Jihad oleh MWC NU Kecamatan Wonodadi, Bpk. H. Nurul Huda, dan ikrar santri oleh M. Bika Nasrulloh, salah satu santri Ma’had Aly. “Semoga kita diberi kesehatan selalu, pemberdayaan diri. Menjadi santri, dan pekerja yang sukses.” Ungkap Dr.KH.Asmawi Mahfudz,M.Ag, di dalam amanatnya. “Jadi santri itu harus himmah, bangga karena santri pejuang NKRI. Hidup santri!” Ujar Ust. Imam Fakhrudin Ar-Rozi, salah satu ustadz di Al-Kamal.

Di akhir upacara, seusai camat Wonodadi, Bpk.H.Sutigno, M.M, menyampaikan sambutan. Di lanjutkan oleh Ust. Ahmad Minanurrohim untuk mengumumkan pemenang perlombaan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional Berikut adalah nama-namanya:

  1. Bayu Prasetyo sebagai Juara 1 Karikatur
  2. Rosi Kusuma Dewi sebagai Juara 2 Karikatur
  3. Sheila H. sebagai Juara 3 Karikatur
  4. Isnatul Nur Baitin sebagai Juara 1 Kaligrafi
  5. Hesti Kurnia Sari sebagai Juara 2 Kaligrafi
  6. Alya Hilmi Nurul Izza sebagai Juara 3 Kaligrafi
  7. Aula Khoirun Nisa sebagai Juara 1 Opini
  8. Nabilah Fakhruna sebagai Juara 2 Opini
  9. Ulfa Rifatul sebagai Juara 3 Opini
  10. Kelas 2 Ula sebagai Juara 1 lomba Lalaran Syi’ir PA Tingkat Ula
  11. Kelas 1 Ula sebagai Juara 1 lomba Lalaran Syi’ir PI Tingkat Ula
  12. Kelas 3 MDK sebagai Juara 1 lomba Lalaran Syi’ir PA Tingkat Wustho
  13. Kelas 3 MDK sebagai Juara 1 lomba Lalaran Syi’ir PI Tingkat Wustho

Harapan dari dilaksanakan upacara hari santri ini tidak lain untuk menambah kecintaan santri-santri pada NKRI dan tetap semangat menegakkan ajaran-ajaran pesantren di era-milinial ini.[EAW & Tat’s.red]

Check Also

Lalaran Syi’ir Malam Jum’at

Alkamalblitar.com- Satu dari sekian banyak ciri khas santri adalah lalaran syi’ir. Bait-bait berbahasa arab yang …

Leave a Reply

%d bloggers like this:

Powered by themekiller.com