Home / Jourtea: Catatan Santri / Menjaga Kesehatan Itu Penting

Menjaga Kesehatan Itu Penting

Oleh: Zaki Ahmad Fauzi, S.Pd.

Kesehatan merupakan salah satu bentuk nikmat yang Allah SWT berikan kepada manusia. Memiliki badan yang sehat tanpa penyakit merupakan idaman bagi setiap orang. Badan atau tubuh merupakan titipan yang Allah SWT berikan kepada setiap manusia yang hidup di dunia. Maka dari itu, kita perlu menjaganya dan tidak menyia-nyiakannya. Kita dilarang berbuat sesuatu yang menjadikan badan kita sakit karena itu bukan bentuk bersyukur atas nikmat Allah SWT melainkan suatu kedzoliman.

Tidak ada manusia di bumi ini yang bercita-cita untuk sakit kecuali orang yang kurang sehat akalnya. Apa gunanya memiliki kekayaan yang banyak, jabatan yang tinggi, tetapi tidak memiliki badan yang sehat atau badan dalam kondisi sakit. Kita semua tahu dan paham bahwa kesehatan itu bukanlah segalanya, tetapi tanpa kesehatan segalanya tiada artinya (Health is not everything, but without health everything is nothing). Ini artinya bahwa kesehatan adalah sebuah kebutuhan yang perlu diupayakan. Kesehatan merupakan sesuatu yang penting. Bayangkan saja kalau kalau kita dalam kondisi sakit, kita akan mengalami suatu kerugian. Selain harus mengeluarkan biaya untuk berobat yang mahal, waktu produktif seseorang akan terbuang secara cuma-cuma. Contoh, waktunya kerja libur karena dipaksakan kerja tidak maksimal, waktunya belajar tidak bisa karena kepala pusing, waktunya berkarya tak bisa berbuat apa-apa karena menahan sakit.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat tidak harus mahal dan ribet. Kita bisa mendapatkan tubuh yang sehat tanpa harus mengganggu aktivitas keseharian kita. Hanya perlu sebuah latihan dan pembiasaan dengan melakukan pola hidup sehat. Semisal dengan rutin berolahraga. Berolahraga tidak harus di lapangan, mengeluarkan biaya mahal dan lain sebagainya. Cukup dengan melakukan gerakan-gerakan pemanasan ringan setiap pagi atau sebelum memulai aktivitas harian. Istirahat yang cukup, makan secara teratur dan juga menjaga pola makan, memperbanyak minum air putih, senantiasa berpikir jernih, melakukan hal-hal yang bernilai positif, mengontrol diri, mencuci tangan sebelum dan setelah makan, menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari, pagi hari dan malam sebelum tidur dan lain sebagainya. Namun selain usaha secara lahir harus juga diimbangi dengan usaha secara batin. Mungkin dengan berpuasa, berdo’a agar senantiasa diberi kesehatan dan keselamatan, bersedekah dan lain sebagainya. Beberapa hal lain yang juga menunjang kesehatan seseoarng adalah kebersihan. Menjaga kebersihan juga bagian dari menjaga kesehatan. Tidak hanya kebersihan badan, tapi juga pakaian, barang-barang yang berkontak fisik dengan kita, tempat tinggal atau lingkungan sekitar kita.

 Bagi kehidupan, kesehatan memiliki manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu contoh manfaat dari kesehatan secara langsung adalah kita dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan semangat dan baik bahkan maksimal tanpa ada gangguan. Ibarat kita sedang mengendarai sepeda motor di jalan, kita berjalan tanpa ada hambatan, mulus seakan-akan jalan milik sendiri. Selain itu masih ada beberapa hal lain diantaranya:

  1. Mengurangi pengeluaran. Mengapa demikian? Karena kalau kita berada dalam kondisi sehat dan tidak sakit kita tidak mungkin perlu repot-repot mengeluarkan uang untuk berobat atau sekedar membeli obat. Uang itu bisa kita manfaatkan untuk hal lain semisal membeli makanan, pakaian, peralatan rumah, alat-alat sekolah dan lain sebagainya. Bayangkan kalau kita sakit, tentunya kita akan mengeluarkan biaya apalagi kalau sampai sakit yang harus dirawat di rumah sakit yang kadang memerlukan biaya perawatan yang tidak sedikit.
  2. Menambah pemasukan. Mengapa demikian? Karena orang yang sehat itu lebih dimungkinkan untuk memperoleh rizki yang banyak dibandingkan dengan orang yang sedang sakit. Ketika badan kita dalam kondisi sehat dan tidak sakit maka kita akan dapat bekerja dengan baik, bekerja dengan semangat, mampu bekerja dengan durasi yang lebih lama. Tentunya, hal yang demikian akan menambah pemasukan kita dibandingkan dengan kita yang berada dalam kondisi sakit. Kalau anak sekolah atau santri di pondok pesantren maka akan bisa belajar dengan baik, bisa menambah hafalan, bisa mengikuti jalannya kegiatan pembelajaran dengan tuntas, tidak ketinggalan pelajaran, up to date dengan seluruh kegiatan yang diadakan oleh sekolah atau pondok pesantren.
  3. Menghemat waktu. Mengapa demikian? Karena, apabila kita dalam kondisi badan yang sakit jelas itu akan mengganggu aktivitas kita. Kita tidak bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya. Apalagi kalau kita memiliki tugas yang harus segera diselesaikan tentunya tugas tersebut tidak akan segera terselesaikan. Belum lagi ketika ada tugas lain yang menyusul akhirnya akan ada beberapa tugas yang bertumpuk-tumpuk dan terbengkalai akhirnya tugas tidak bisa segera diselesaikan tepat waktu.

Manfaat kesehatan secara tidak langsung juga memiliki peran yang tak kalah pentingnya untuk kehidupan kita. Adapun manfaat kesehatan secara tidak langsung adalah membantu menjernihkan pikiran dan perbuatan kita sehingga akan mendorong dan mengarahkan kita untuk senantiasa melakukan hal-hal yang bernilai positif. Selain itu masih ada beberapa hal lain yang akan kita peroleh diantaranya:

  1. Peluang untuk sukses. Mengapa demikian? Karena, sukses hanya bisa kita peroleh dengan adanya dukungan dari kesehatan pada diri kita. Seseorang dengan kondisi badan yang sehat akan menjadi orang yang aktif. Aktif untuk berpikir dan bergerak. Orang yang sehat akan memiliki banyak teman, memiliki banyak kenalan dan ide-ide kreatif yang bisa dituangkan dalam banyak kegiatan.
  2. Tabungan masa depan. Mengapa demikian? Karena, ketika kita memiliki badan yang sehat kita akan menabung untuk masa depan kita. Kita mampu melakukan kegiatan positif ataupun kegiatan yang mengandung amal ibadah.
  3. Kesempatan untuk berbagi kepada orang lain. Mengapa demikian? Ingat bahwa hidup di dunia ini hanya sekali dan bersifat semnetara. Kalau seseorang telah menghela nafas terakhirnya maka dengan cara apapun pastilah nyawa yang telah keluar dari badan seseorang tidak akan mampu kembali kecuali atas kehendak Allah SWT. Artinya bahwa dengan kesehatan kita akan berusaha untuk lebih menghargai makna hidup ini. Karena hidup di dunia tidak melulu membahas hubungan antara manusia dengan tuhannya tetapi lebih dari pada itu kita diharuskan memperbanyak berbuat baik kepada sesama, tidak bersifat egois, memupuk rasa kepedulian terhadap sesama dan lain sebagainya.

Maka dari itu ayo kita menjaga kesehatan badan kita. Jagalah kesehatanmu sebelum datang sakitmu. Ingat bahwa tidak ada hasil tanpa usaha. Semoga sedikit yang penulis sampaikan ada barokah dan manfaatnya. Amiin..

Check Also

Hukum Islam (Selalu) Sejalan dengan Teori Ilmiah

Oleh: Umi Ulfatus Syahriyyah* Wahai  saudaraku apakah pernah tersirat dalam pikiran anda mengenai hukum islam? …

Leave a Reply

%d bloggers like this:

Powered by themekiller.com