Home / Jourtea: Catatan Santri / Makna Detik-Detik Wida’

Makna Detik-Detik Wida’

Oleh: Rizky Rahayu N. S. (tim jourtea)

Bicara tentang wida’ yang biasa diselenggarakan di pondok-pondok pesantren, mungkin acara nya yang termasuk sakral itu, selalu dilakukan rutin satu tahun sekali untuk para santri yang umumnya berada di pondok pesantren modern, seperti halnya Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal, yang selalu mengadakan acara wida’ pada setiap tahunnya.

Wida’ tahun ini mungkin sedikit berbeda dengan wida’ tahun kemarin. Entah apa yang membuat wida’ ini berbeda, tapi acara Wida’ yang akan diselenggarakan di Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal ini tepatnya pada tanggal 6 Mei 2018 pasti akan berkesan istimewa, mulai dari persiapan yang maksimal, yang telah membentuk panitia wida’ dari jauh-jauh bulan, dan juga persiapan penampilan yang akan ditampilkan saat acara pra wida’ yang akan datang.

Mungkin acara wida’ memang sebuah acara yang kebanyakan dinanti-nanti oleh para santri, terutama kelas tiga. Tapi disisi lain, mereka juga merasa sedih, karena mereka akan berpisah dan pulang ke tempat asal mereka masing-masing. Seluruh santri kelas tiga berusaha semaksimal mungkin untuk mengisi acara pra-wida’, dan apapun persiapan yang mereka lakukan, mereka berharap akan berbuah manis pada puncaknya.

Dan pada puncak acara wida’, itulah yang mungkin kebanyakan dinanti-nanti untuk para santriwan dan santriwati yang akan di wida’. Sebuah acara sakral yang setiap tahunnya dilakukan di Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal yang dalam acara intinya yaitu pelepasan dan penyerahan kembali  Santriwan dan santriwati yang telah dinyatakan lulus oleh pihak Pondok pesantren.

Pesantren, karena dari segi sekian lama mengabdi dan menuntut ilmu bersama, suka duka yang dirasakan bersama, dan semua hal apapun juga dilakukan bersama. Mungkin saat wida’ itulah hari disaat para santri mengakhiri semua hari-hari mereka di Pesantren. Selamat berjuang untuk para santri dan santriwati kelas tiga, semoga mendapat ilmu yang barokah dan manfaat. Amin.

Check Also

Adzan Pagiku, Penunjukku

Oleh: Siti Fatikha Imroatul Lathifa (3 Ula) Setiap pagi hari Alicia selalu bangun dikarenakan adzan Subuh …

Leave a Reply

%d bloggers like this:

Powered by themekiller.com