Home / Liputan Pesantren / Penutupan Pondok Ramadhan 1439 H

Penutupan Pondok Ramadhan 1439 H

Oleh: Elisa Wirdanaturofiah

Alkamalblitar.com- Jum’at malam, 08 juni 2018 seluruh santri al-kamal berbondong-bondong menuju masjid. Inilah yang mereka tunggu-tunggu. Malam terakhir sebelum perpulangan dan libur panjang. Yapst,, acara ini diadakan tepat setelah shalat tarawih , pondok pesantren al-kamal mengadakan penutupan kegiatan pondok ramadhan. Telah 21 hari lamanya, kegiatan pondok ramadhan terlaksana. Seluruh santri terlihat begitu semangat nan antusias untuk mengikuti kegiatan ini dengan berlomba-lomba untuk mencari tempat yang paling depan dan tentunya tak sabar menunggu hari esok.

Acara ini dipimpin oleh master of ceremony yaitu Yuni Ainurussobah. Acara ini diawali dengan pembacaan lantunan ayat-ayat suci al-Qur’an oleh Nur Muhammad Shodiq. Lantunan indah yang dibawakannya membuat menggema surfah masjid kala itu. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama dari ketua PPTA yaitu Ust. Ahmad Minanurrohim. Beberapa pesan beliau sampaikan kepada kita. Dan acara selanjutnya yaitu  sambutan dari pengasuh PPTA yaitu K.H. Ahmad Hasanuddin S.HI. beliau juga memberikan nasehat yang mendidik untuk kita.  Diantaranya tanggal masuk pondok yaitu pada tamggal 9 Juli khusus untuk pengurus dan selain itu pada tanggal 12 juli 2018. Wah,, memang lamakan! Pada liburan panjang ini sebaiknya digunakna untuk hal-hal yang positif , terutama untuk ramadhan terakhir ini, masih ada waktu yang dapat digunakan sebagai cara Allah untuk mengampuni dosa kita. Oleh karena itu, inilah waktu yang tepat untuk memaksimalkan beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Serta tak lupa, berbakti kepada kedua orangtua.

Acara terakhir yaitu penutup dan doa yang dipimpin oleh ustadz Yazid Masykur. Tak lupa, pemberian penyarahan sertifikat pondok ramadhan kepada perwakilan santri setiap firqoh yang diberikan secara simbolis yaitu M. Fahmi Ashari (al-mansur), Lusi Wijayanti (al-munawarah), Muhibbatul Fajriyati Laili (HM), dan Zesy Fitrotul (al adwaiyah). Dan berikut merupakan pengumuman pemenang dalam acara selama ramadhan ini:

The best kultum:

  1. Wafa Ardiyansyah (al-mansur)
  2. Kharisah Eka Wijaya (HM)
  3. Faizatul Isma (al adawiyah)
  4. Adela Fitriyah (al-munawarah)

The best resume kultum:

  1. Ghufron (al-mansur)
  2. Fatma Azatun (HM)
  3. Binti Shofi (al-adawiyah)
  4. Laila Rahmawati (al-munawarah)

Check Also

Taftiis al Kutub Jadi Pembuka Ujian Madrasah

Alkamalblitar.com- Ujian al Mustawa al Awwal Madrasah Diniyah Al Kamal akan segera dilaksanakan. Ujian yang …

Leave a Reply

%d bloggers like this:

Powered by themekiller.com