Home / Liputan Pesantren / PERINGATAN HARI KEMERDEKAAN INDONESIA
Apel Dalam Rangka Memperingati Kemerdekaan Indonesia Ke-74

PERINGATAN HARI KEMERDEKAAN INDONESIA

Alkamalblitar.com- Jum’at malam Sabtu, tanggal 16 Agustus 2019, seperti pada tahun sebelumnya, Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal mengadakan apel dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke-74 tahun. Apel pada malam hari ini dimulai pada jam 19.30 WIB. Apel ini diikuti oleh seluruh santri Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal baik putra maupun putri, para asatidz dan ustadzah, serta beberapa tamu undangan yang merupakan tokoh masyarakat sekitar.

Pada apel kali ini, akhi Ahmad Muzaki bertugas sebagai pemimpin apel. Sedangkan pembina apelnya adalah Dr. KH. Asmawi Mahfudz, M.Ag. selaku pengasuh dari Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa jika kita merenungi seberapa banyak nikmat yang telah Allah berikan kepada bangsa Indonesia, niscaya kita tak mampu untuk menghitungnya karena banyaknya nikmat tersebut.

Dalam apel ini dibacakan pula teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia oleh akhi Ahsin Fatawi. Selain itu, tim paduan suara putri Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal juga menunjukkan kebolehannya dengan menyanyikan tiga lagu, yaitu, Indonesia Raya, Hari Merdeka, dan Mars Nahdlatul Ulama’ dengan dirigen Irma Maulia Putri dan Annisa’ Nur Lutfia. Apel pada malam hari ini ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Bapak Mashudi. Setelah apel selesai, semua santri Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal diarahkan menuju Syurfah Masjid untuk nonton bareng film tentang nasionalisme.

Harapan diperingatinya hari Kemerdekaan Indonesia di Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal ini adalah agar dalam diri para santri dapat muncul jiwa nasionalisme yang kuat. Selain itu,  juga bertujuan meningkatkan semangat jihad fii sabilillah yang mulai pudar akibat arus globalisasi, westernisasi, dan modernisasi yang menyerang generasi muda Indonesia. Semoga dengan bertambahnya usia Indonesia, Indonesia dapat menjadi bangsa yang kuat, bermartabat, dan mampu bersaing di dunia Internasional. Amiin yaa robbal ‘alamin.(an_nisaafia.red)

Check Also

Menyongsong Tahun Baru Hijriyah 1441 H

Alkamalblitar.com- Tahun Baru Hijriyah adalah tahun baru yang jatuh setiap tanggal 1 Muharam. Tahun baru …

Leave a Reply

%d bloggers like this:

Powered by themekiller.com