Home / Liputan Pesantren / Peringati Hari Santri, Al Kamal Gelar Apel
Santri Pondok Pesantren terpadu Al Kamal gelar apel peringati HSN 2019 (22/10). Foto: Misbah

Peringati Hari Santri, Al Kamal Gelar Apel

Alkamalblitar.com – 22 Oktober biasa diperingati oleh santri Indonesia untuk mengenang “Revolusi Jihad”. Dan pada hari ini, 22 Oktober 2019, Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal melaksanakan upacara guna memperingati Hari Santri Nasional yang dimulai pada pukul 19.55 WIB dengan diikuti seluruh warga PPTA dan warga sekitar. Bertempat di lapangan MAN 3 Blitar yang dipimpin oleh Abdullah Bagas Pamungkas dari kelas 2 MDK firqoh Al-Manshur.

Upacara ini dimulai dengan persiapan pasukan oleh komandan kompi setiap firqoh, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta dilanjutkan pembacaan pancasila,revolusi jihad dan ikrar santri. Lalu amanat dari pembina, Abah Asmawi Mahfud yang akan membawakan kata-kata penyemangat untuk para santri agar lebih istiqomah dalam menuntut ilmu di pesantren. “ Santri yang dulu hanya diperuntukkan masyarakat kampung sekarang santri sudah diberbagai wilayah Indonesia. Santri yang dulu hanya fokus dalam ilmu agama maka sekarang santri harus pandai dalam hal politik, harus jadi pembangkit bangsa karena Negara Indonesia adalah negara santri dan pemilik negara adalah santri,” petuah dari beliau, Abah Asmawi Mahfud.

Setelah amanat selesai, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Yalal Wathon” dan “Mars Hari Santri”. Acara terakhir yakni do’a yang dipimpin oleh KH. Imam Tabroni. Upacara berlangsung dengan khidmat. Sebelum seluruh santri dibubarkan, dilaksanakan pembagian hadiah, yakni lomba lalaran syi’ir dan lomba menulis puisi, artikel, dan karikatur. Dengan juara 1 lomba lalaran syi’ir tingkat wustho diraih oleh 2 MDU PI. Juara 2 lomba lalaran syi’ir tingkat wustho diraih oleh 2 MDK PI. Juara 1 lomba lalaran syi’ir tingkat ula diraih oleh 2 ula PA. Juara 2 lomba lalaran syi’ir tingkat ula diraih oleh 2 ula PI. Kemudian, juara terbaik puisi PI diraih oleh Erisa Lisnawatul kelas 3 MDU firqoh Al-Munawaroh. Juara terbaik puisi PA diraih oleh Bilma Natha kelas 1 MDK firqoh Al-Manshur. Juara terbaik karikatur PI diraih oleh Nur Azizah kelas 3 MDU firqoh HM. Juara terbaik karikatur PA diraih oleh Cahya firqoh Al-Manshur. Dan terakhir juara terbaik artikel PI diraih oleh Ika Oktavia kelas 3 MDK firqoh HM. Juara terbaik artikel PA diraih oleh M. Adib Khoirul kelas 1 Ula firqoh Al-Manshur.

Setelah pembacaan juara selesai, ditutup dengan penampilan Drama Pagar Nusa yang menggambarkan bagaimana kejadian Revolusi Jihad 22 Oktober 1945. Penampilan yang sangat menegangkan dan menakjubkan. (Annisa/Jourtea)

Check Also

PPTA Muludan, KH. Asmawi Mahfudz: Tugase Santri Kuwi Abot, Santri Kuwi Kader Ulama’, Ulama Kuwi Warotsatul Anbiya

Alkamalblitar.com – Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal (PPTA) menggelar muludan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad …

Leave a Reply

%d bloggers like this:

Powered by themekiller.com