Home / Liputan Pesantren / Perkenalkan, Repository Al Kamal Released!

Perkenalkan, Repository Al Kamal Released!

Alkamalblitar.com- Kabar gembira bagi civitas akademika Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal, terutama mahasantri Ma’had Aly Al Kamal. Pasalnya, Perpustakaan Al Kamal telah melakukan soft-launching program Repository Al Kamal, Rabu (13/11).

Secara tampilan interface, program ini mirip dengan program aplikasi perpustakaan Al Kamal yang berbasis Slims 8.3.1 Akasia, karena memang, Repository Al Kamal merupakan program turunannya dan bersifat open source.

Lahirnya Repository Al Kamal secara khusus ditujukan untuk memberikan wadah bagi karya ilmiah mahasantri Mah’had Aly Al Kamal yang sedang menempuh pendidikan sarjana maupun pasca sarjana di perguruan tinggi sekitar Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal, baik berupa e-paper, e-journal, skripsi, tesis, maupun disertasi. Selain itu, juga untuk mewadahi hasil penelitian mahasiswa, dosen, maupun praktisi yang banyak meneliti tentang dinamika-dinamika yang ada di Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal, yang setiap tahun jumlahnya semakin meningkat.

Dengan adanya program repository ini, diharapkan dapat dimanfaatkan oleh siapa pun untuk mencari rujukan ilmiah tentang tema/kajian penelitian yang akan dilakukan di masa-masa yang akan datang. Karena program ini, sudah terkoneksi dengan e-resources yang memuat ribuan judul karya ilmiah baik dari dalam maupun luar negeri seperti, Indonesia OneSearch, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PRNI), Directory of Open Access Journals (DOAJ), dan Google Schoolar.

Secara detail, repository Al Kamal dapat diakses melalui link berikut: https://digilib.alkamalblitar.com/ (Repositori), dan https://perpustakaan.alkamalblitar.com/ (Perpustakaan). Sedangkan untuk abstrak juga dapat diakses melalui Official website Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal pada menu Repository Al Kamal. (sf)

Check Also

Burn Up Your Spirit!!! PORSA XXIII is Coming Soon

Alkamalblitar.com- Pekan Olahraga dan Seni Santri Al Kamal (PORSA) ke XXIII siap menggetarkan bumi Al …

Leave a Reply

%d bloggers like this:

Powered by themekiller.com