Home / Liputan Pesantren / Rangkaian Acara Di Hari Raya Idul Adha
Seminar Santri dan Semangat Nasionalisme oleh Narasumber Bapak Abdul Hakam Sholahudin

Rangkaian Acara Di Hari Raya Idul Adha

Allahuakbar…Allahuakbar…Allahuakbar…Laailaahaillallaahu allahuakbar…Allahuakbar walillahilhamd…

Alkamalblitar.com- Ahad, 11 Agustus 2019 bertepatan dengan tanggal 10 Dzulhijjah 1440 H, Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal mengadakan serangkaian kegiatan dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1440 H yang diikuti oleh seluruh santri baik putra maupun putri. Rangkaian acara Hari Raya Idul Adha ini diawali dengan sholat Idul Adha berjama’ah di Lapangan Desa Kunir bersama dengan masyarakat sekitar. Imam sholat Idul Adha kali ini adalah pengasuh Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal, Dr. KH Asmawi Mahfudz, M.Ag. Sedangkan penyampai khutbahnya adalah KH. Suyuth. Tema dari khutbah Idul Adha kali ini adalah bersyukur dengan cara mengeluarkan qurban bagi yang mampu.

Setelah sholat Idul Adha, para santri makan bersama dalaam rangka mensyukuri akan datangnya Hari Raya Idul Adha 1440 H yang bertempat di Aula Firqah Hidayati Mahmud untuk para santri putri Firqah Al-Munawarah dan Firqah Hidayati Mahmud, di Syurfah Masjid untuk santri putra Firqah Al-Manshur, dan di Mushola Rusunawa para santri putri Firqah Al-Adawiyah.

Acara selanjutnya adalah seminar yang bertemakan “Santri dan Semangat Nasionalisme” yang dilaksanakan di dua tempat. Yaitu, aula lantai tiga Firqah Al-Manshur untuk santri putra dan syurfah masjid untuk santri putri. Seminar untuk santri putra diisi oleh bapak Abdul Hakam Sholahuddin dengan moderatornya Ustadz Imam Sanusi Al-Hanafi. Sedangkan seminar untuk santri putri diisi oleh Bapak Abdul Aziz dengan moderatornya Ustadzah Asfi Dea.

Setelah Dzuhur, yaitu pada pukul 13.00 WIB, rangkaian acara perayaan Idul Adha 1440 H dilanjutkan dengan lomba-lomba permainan tradisional seperti, makan kerupuk, gobak sodor, ambil koin, estafet air, dan balap karung. Perlombaan ini bertempat di halaman Pendopo KBIH Al-Kamal untuk santri putra dan di halaman MAN 3 Blitar local barat untuk santri putri. Acara ini berjalan lancar dan meriah hingga akhir acara.[an_nisaafia.red]

Check Also

Pengurus Pusat PPTA Gelar Musyawarah Bersama

Alkamalblitar.com – Pengurusa Pusat Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal (PPTA) menggelar Musyawarah Bersama (Musyma) pada …

Leave a Reply

%d bloggers like this:

Powered by themekiller.com