Home / Jourtea: Catatan Santri / SAINS DAN MATEMATIKA AL-QUR’AN
Pict Source Google Picture

SAINS DAN MATEMATIKA AL-QUR’AN

Oleh: Annisa’ Nur Lutfia*

Judul : Bumi Itu Al-Qur’an

Penulis : K.H. Fahmi Basya

Penerbit : Penerbit Zahira PT Zaytuna Ufuk Abadi

Tahun terbit : Cetakan ke-4, Juli 2014

Halaman : xxxviii + 440 halaman

Buku ini adalah buku karya dari K.H. Fahmi Basya. Beliau adalah generasi ke-19 Sayyidina Husein. Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Zahira PT Zaytuna Ufuk Abadi. Cetakan pertamanya adalah pada tahun 2013. Buku setebal 440 halaman ini berisi tentang ilmu sains dan matematika Al-Qur’an. Bahkan karena spektakulernya buku ini, buku ini dapat mencapai Nasional Best Seller.

Buku ini berisi tentang perhitungan Al-Qur’an yang ternyata semuanya merujuk ke alam semesta. Terutama planet bumi ini. Banyak bilangan yang spektakuler dan rumus yang spektakuler. Seperti: keajaiban bilangan 19 dan 7, keajaiban nomor surat dalam Al-Qur’an yang dapat membentuk pilar Al-Qur’an, permata Al-Qur’an, permata sholat, dan bahkan dapat membentuk model pesawat luar angkasa dari Al-Qur’an.

Selain berisi tentang matematika, buku ini juga berisi tentang sains yang secara keseluruhan juga hampir ada di bumi ini. Seperti, gambar-gambar yang terbentuk dari permukaan bumi ini, gambar atom oksigen, istana atau bangunan di atas air, dan masih banyak lagi.

Selain kedua hal di atas, buku ini juga menjelaskan tentang beberapa ilmu. Seperti: bahasa logika, bahasa kode, akal dan pikiran, juga hal-hal lainnya.

Hal yang menarik dari buku ini adalah penggunaan kata, kata ilmiah, kata kiasan, dan kata istilahnya yang jarang ditemui di setiap buku. Meski bukan karya sastra, buku ini sangatlah menarik. Mungkin bagi para arkeolog yang ingin mengamati bumi lebih detil lagi, buku ini bisa dijadikan acuan atau kajian teoritisnya.

Akan tetapi, yang namanya karya manusia pasti selalu ada kekurangan dan kelemahannya. Selain menjadi kelebihan,  kata-kata ilmiah, kiasan, ataupun istilah yang tidak berglosarium dapat menjadi kekurangn bagi pembaca pemula. Jadi, mungkin sebagian besar orang awam akan kesulitan untuk memahaminya.

Meskipun demikian, buku ini akan tetap diburu oleh para arkeolog ataupun peneliti-peneliti muda dan orang-orang yang ingin mengetahui lebih dalam sisi lain dan rahasia Al-Qur’an yang jarang diketahui serta beberapa hal menarik yang ada di bumi ini. Buku ini juga dapat menambah wawasan kita tentang agama Islam dan tentang sains tentunya. Kita juga dapat mengetahui bagaimana hubungan antara ayat-ayat Al-Qur’an dengan alam semesta ini dan yang lebih penting lagi semua ini tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya kebesaran Allah SWT.

*Penulis adalah santri kelas 3 tingkat wustho madrasah diniyah Al Kamal

Check Also

Puisi: Merdeka?

Oleh : Dina Mulia Mahmudah   Bambu kuning terhempas Tubuh berserak tanpa nyawa Dengan baju …

Leave a Reply

×
%d bloggers like this:

Powered by themekiller.com